cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)
ISSN : 25027638     EISSN : 25028391     DOI : -
Core Subject : Education,
JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is registered with p-ISSN 2502-7638 and e-ISSN 2502-8391 is a scientific journal of Mathematics Education Department Universitas PGRI Semarang which focuses on the delivery of information on mathematics education from elementary school to university high. JIPMat is published 2 times a year in April and October.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2020)" : 12 Documents clear
KEMAMPUAN DISPOSISI MATEMATIKA MAHASISWA PADA MATA KULIAH GEOMETRI ANALITIK Dian Nataria Oktaviani; Rizqi Amaliyakh Sholikhakh; Istiqomah Istiqomah
JIPMat Vol 5, No 1 (2020)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jipmat.v5i1.5904

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui deskripsi kemampuan disposisi matematik mahasiswa pada mata kuliah geometri analitik. Penelitian deskriptif dimaksudkan untuk mendapatkan gambaran dan keterangan mengenai respon mahasiswa terhadap kemampuan disposisi matematik pada mata kuliah geometri analitik.  Indikator rasa    percaya    diri mempunyai rata-rata 86,198%. Fleksibilitas mempunyai rata-rata sebesar 81,25 %. Tekun mengerjakan tugas matematik mempunyai rata-rata sebesar 87,11%. Minat, rasa ingin tahu, dan daya temu dalam melakukan tugas matematik mempunyai rata-rata sebesar 82,42 %. Cenderung memonitor dan merefleksikan kinerja dan penalaran mereka sendiri, dimana mahasiswa lebih senang jika mendapatkan soal saat  tes (UTS/UAS)  yang sama persis dengan contoh yang diberikan dalam perkuliahan memperoleh nilai sebesar 50,00%. Salah satu item  menilai aplikasi matematika ke situasi lain dalam bidang lainnya dan pengalaman sehari-hari adalah adanya mahasiswa mempunyai tujuan  dalam mempelajari materi perkuliahan sebesar 82,3%. Penghargaan  peran  matematika  dalam  kultur  dan  nilai  matematika,  sebagai  alat  dan bahasa mempunyai rata-rata sebesar 89,06 %. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah diharapkan dalam setiap proses perkuliahan memberikan ruang dan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya perihal kesulitan dalam memecahkan masalah serta memberikan umpan balik kepada mahasiswa. Pemberian motivasi dalam setiap proses perkuliahan. Adanya pembiasaan di perkuliahan memberikan soal HOTS.
PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING GAME BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA Lilik Ariyanto; Noviana Dini Rahmawati; Ahmad Haris
JIPMat Vol 5, No 1 (2020)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jipmat.v5i1.5478

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran mobile learning game berbasis pendekatan kontekstual terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development. Pada penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian terdiri dari 32 siswa kelas VIIB sebagai kelas eksperimen dan 32 siswa kelas VIIA sebagai kelas kontrol. Pengembangan media menggunakan perangkat lunak Adobe Flash Cs 6. Uji coba dilakukan sebanyak dua kali pada subyek penelitian.. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) pada penilaian media oleh ahli media diperoleh 83,33% dengan kriteria sangat baik, dan penilaian oleh ahli materi diperoleh 87,50% dengan kriteria sangat baik sehingga media dinyatakan valid; (2) penilaian rata-rata penggunaan media oleh siswa diperoleh 85,69% dengan kriteria sangat baik sehingga media dinyatakan praktis; (3) pada tes hasil belajar siswa kelas eksperimen, didapatkan persentase ketuntasan 81,25% dan nilai rata-rata kelas 70,98. Uji-t satu pihak pada kelas eksperimen dan kontrol diperoleh thitung > ttabel yaitu2,7014 > 1,6698, maka Ho ditolak dan dapat disimpulkan bahwa rataan nilai hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik dariapa kelas kontrol. sehingga media yang dikembangkan dinyatakan efektif.
PROFIL BERPIKIR ALJABAR SISWA SMP DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF DAN GENDER Widya Kusumaningsih; Pran Yudi Setiawan; Rizky Esti Utami
JIPMat Vol 5, No 1 (2020)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jipmat.v5i1.5574

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir aljabar dalam pemecahan masalah matematis siswa SMP berdasarkan gaya kognitif dan gender pada materi SPLDV. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan data dilakukan pada siswa SMP kelas VIII bergaya kognitif reflektif laki-laki dan perempuan serta siswa bergaya kognitif impulsif laki-laki dan perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes, wawancara serta dilengkapi dengan dokumentasi untuk mengabadikan semua hal-hal penting yang dilakukan saat penelitian sehingga semua kegiatan dapat terekam dengan baik. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu data reduction, data display dan conclusion drawing/verification. Validitas data menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antara siswa bergaya kognitif reflektif laki-laki dan perempuan terlihat lebih baik siswa bergaya kognitif reflektif perempuan dikarenakan siswa bergaya kognitif reflektif perempuang sangat teliti dalam menjawab setiap pertanyaan. Sedangkan antara siswa bergaya kognitif impulsif laki-laki dan perempuan terlihat lebih baik siswa bergaya kognitif impulsif perempuan karena memilik tingkat kepercayaan diri yang tinggi. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa antara keempat siswa tersebut, terlihat bahwa kemampuan pemahaman konsep lebih baik siswa bergaya kognitif reflektif perempuan.
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE TWO STAY-TWO STRAY DENGAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA Fransiska Denensi; Bedilius Gunur; Emilianus Jehadus
JIPMat Vol 5, No 1 (2020)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jipmat.v5i1.5725

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) efektifitas model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa, 2) efektifitas model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa, 3) membandingkan efektifitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dengan Numbered Heads Together (NHT) terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa. Penelitian ini melibatkan siswa kelas VIII SMP Swasta Widya Bhakti Ruteng yang berjumlah 116 orang.  Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling, dengan terlebih dahulu dilakukan uji kesetaraan kelas. Hasil penelitian ini menunjukan, 1) model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) efektif terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa; 2)  model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) efektif terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa; 3) model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) lebih efektif dibandingkan dengan Numbered Heads Together (NHT)  terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa.
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENGGUNAAN PLATFORM WHATSAPP GROUP DAN WEBINAR ZOOM DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMIK COVID 19 Jaka Wijaya Kusuma; Hamidah Hamidah
JIPMat Vol 5, No 1 (2020)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jipmat.v5i1.5942

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar matematika mana yang lebih baik, dengan whatsapp group atau webinar zoom dan seberapa efektifnya kedua Platform tersebut dalam Masa Pandemi Covid-19. Jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan desain pretest-postest nonequivalent multiple-group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester 2 yang mengambil mata kuliah Matematika Ekonomi di Universitas Bina Bangsa dan dipilih 2 kelompok yaitu kelas 2J-MAN dan 2K-MAN yang mempunyai karakteristik hampir sama dilihat dari nilai rata-rata UTS. Data hasil belajar mahasiswa diperoleh dari hasil ujian tengah semester (UTS) kedua kelompok setelah perlakuan, data kemudian diolah dengan uji perbedaan rata-rata Uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar matematika kedua kelas sama sebelum diberi perlakuan dan hasil belajar matematika kedua kelas berbeda setelah diberi perlakuan atau dengan kata lain kelas yang diberikan Perlakuan Webinar Zoom lebih baik dari pada kelas yang diberikan Perlakuan WA Group.
IMPLEMENTATION OF STAD TYPE COOPERATIVE LEARNING TO IMPROVE MATHEMATICAL LEARNING OUTCOMES CLASS VIII STUDENTS Mohammad Archi Maulyda; Umar Umar; Muhammad Erfan; Vivi Rachmatul Hidayati; Linda Feni Haryati
JIPMat Vol 5, No 1 (2020)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jipmat.v5i1.5790

Abstract

This study aims to describe the application of STAD type cooperative learning that can improve mathematics learning outcomes of eighth-grade students of SMPN 12 Malang. This type of research is a PTK Kemmis & Mc Taggart model with qualitative consisting of two cycles. This research was conducted in class VIII-A of SMPN 12 Malang which was held by 30 students. Based on the research, STAD type cooperative learning steps are obtained that can improve mathematics learning outcomes of VIII grade students of SMPN 12 Malang, namely (1) Class presentations, teachers do apperception and encourage through question and answer and worksheets. (2) Group discussion, students work together with their groups to work on problems through worksheets. (3) Individual quizzes, students work on individual quizzes. (4) Calculation of individual improvement scores, students exchange and correct the quiz results. Quiz results are used to determine individual or student improving scores and group scores. (5) Giving awards, teachers give awards to the best groups.
ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR SISWA KELAS VIII DITINJAU DARI SELF EFFICACY Rina Dwi Setyawati; Istafida Nurbaiti; Lilik Ariyanto
JIPMat Vol 5, No 1 (2020)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jipmat.v5i1.5517

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir aljabar siswa kelas VIII yang ditinjau dari tingkat self efficacy. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan deskriptif kualitatif.  Subjek penelitian ini adalah 20 siswa kelas VIII B MTs  Al Munir Bandongan kemudian dipilih 1 siswa dengan self effciacy tinggi dan 1 siswa self efficacy sedang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil angket, hasil tes dan wawancara. Hasil analisis dari penelitian ini menunjukkan siswa pada self efficacy tinggi dan self efficacy rendah, pada setiap komponen kemampuan berpikir aljabar memiliki kemampuan yang berbeda. Self efficacy tinggi memiliki kemampuan baik pada kemampuan representasi, kemampuan penalaran kuantitatif, dan aljabar sebagai fungsi dan pemodelan matematika. Kemudian memiliki kemampuan cukup pada kemampuan pemecahan masalah dan aljabar sebagai generalisasi aritmatika, serta memiliki kemampuan kurang pada komponen aljabar sebagai bahasa matematika. Sedangkan siswa self efficacy sedang memiliki kemampuan cukup pada kemampuan representasi, kemampuan pemecahan matematika dan kemampuan penalaran kuantitatif serta aljabar sebagai fungsi dan pemodelan matematika Sedangkan komponen aljabar sebagai generalisasi aritmatika dan aljabar sebagai bahasa matematika memiliki kemampuan rendah.
PENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI MELALUI PENGEMBANGAN BAHAN AJAR “CREATIVE FACTOR” BERBASIS PROYEK Rida Fironika Kusumadewi; Nuhyal Ulia; Ina Riana; Tubiyanto Tubiyanto
JIPMat Vol 5, No 1 (2020)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jipmat.v5i1.5943

Abstract

Penelitian ini untuk mengembangkan peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi menggunakan produk bahan ajar “Creative Factor” pada materi kelipatan dan faktor bilangan. Produk bahan ajar “Creative Factor” materi kelipatan dan faktor bilangan dikembangkan berdasarkan kebutuhan guru terhadap sumber referensi lain dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD). Pada soal pretest rata-rata siswa belum memenuhi KKM 60, dan pada soal pretest siswa mendapatkan nilai rata-rata 40. Sedangkan pada soal postest siswa sudah memenuhi KKM yaitu nilai lebih dari 60, dan mendapatkan nilai siswa rata-rata 78. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pada bahan ajar “Creative Factor” berbasis proyek ada peningkatan pada kemampuan berpikir tingkat tinggi pada materi kelipatan dan faktor bilangan yaitu mencapai nilai 0,67 dengan interpretasi “Sedang”. Berdasarkan hasil tersebut, produk bahan ajar “Creative Factor” dapat dinyatakan meningkat pada materi kelipatan dan faktor bilangan.
PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLEKTIF SISWA SMP Rizky Esti Utami; Cici Ekawati; Agung Handayanto
JIPMat Vol 5, No 1 (2020)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jipmat.v5i1.5502

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil kemampuan berpikir aljabar dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif reflektif. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 6 Jepara. Jenis penelitian ini merupakan deskripstif kualitatif. Subjek penelitian yang diambil adalah siswa kelas VIII A SMPN 1 Tayu tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 1 siswa dengan gaya kognitif reflektif. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu metode angket gaya kognitif, tes tertulis, dan wawancara.  Teknik analisis data dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Keabsahan data menggunakan triangulasi metode yaitu dilakukan dengan cara mengecek data dari tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : profil kemampuan berpikir aljabar dalam memecahkan masalah matematika subjek dengan gaya kognitif reflektif memenuhi 5 indikator, yaitu, generalisasi, abstraksi pemodelan, berpikir analitik, dan berpikir dinamik.
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING Weni Gurita Aedi
JIPMat Vol 5, No 1 (2020)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jipmat.v5i1.5889

Abstract

Matematika merupakan suatu ilmu yang ada di setiap aspek kehidupan. Dalam kehidupan nyata, matematika dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi sehari-hari. Sehingga matematika memegang peranan penting dan sangat dibutuhkan setiap manusia didalam kehidupan sehari-hari. Namun pada kenyaataannya masih banyak yang mengatakan bahwa matematika itu sulit dan matematika cenderung sebagai mata pelajaran yang tidak disukai sebagian mahasiswa. Indikasi kesulitan tersebut dapat dilihat dari prestasi mahasiswa yang masih kurang memuaskan, karena masih banyak yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran matematika. Sehingga perlu dilakukankan upaya untuk menciptakan suatu pembelajaran yang aktif dan kreatif yang dapat meningkatkan prestasi belajar matematika mahasiswa. Salah satu yang dilakukan yaitu dengan menerapkan pendekatan problem solving. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan pendekatan problem solving untuk meningkatkan prestasi belajar matematika mahasiswa. PTK dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, tindakan, pegamatan, dan refleksi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dapat meningkatkan hasil belajar matematika mahasiswa.

Page 1 of 2 | Total Record : 12